SDN 005 Kotabaru Seberida dan Disdukpencapil Inhil Jalin Kerjasama Pembuatan KIA 


 

 

 

SIBERONE.COM - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 005 desa Kotabaru Seberida kecamatan Keritang jalin kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Inhil dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk siswa dan siswi melalui online. 

 

Kerjasama ini merupakan inovasi dari sekolah SDN 005 desa Kotabaru Seberida dan inovasi Disdukpencapil Inhil melalui Mengurus Administrasi Kepentingan WA online (Mak Wo) untuk memenuhi data siswa dan siswi yang belum memiliki KIA. 

 

"Ini Inovasi dari kami yang disambut baik oleh disdukcapil. Alhamdulillah berjalan lancar dan kegiatan ini membuat wali murid menjadi bahagia," ujar Kepala SDN 05 desa Kotabaru Seberida, Syarifah Henni Zahria, S.Pd., M.AP, Sabtu (28/8/2021). 

 

 

Dalam tahap awal ini, kata Syarifah Henni, sebanyak 25 KIA yang sudah berhasil dicetak dan langsung diserahkan oleh Sekretaris Disdukpencapil Inhil, Nursal Sulaiman di ruangan kerjanya. 

 

"Tahap awal ini sudah 25 KIA yang kita urus lewat online dan sudah kami terima hasil cetakannya setelah beberapa hari dimasukkan persyaratan," ujar kepsek yang merupakan salah satu sekolah penggerak yang ada di Inhil. 

 

 

Syarifah Henni menambahkan, dengan adanya inovasi Disdukpencapil Inhil pihaknya merasa terbantu dan bisa juga membentuk inovasi berupa kerjasama pembuatan data yang berkaitan dengan anak sekolah. 

 

"Kami bersyukur diberi kemudahan dalam kepengurusan pembuatan KIA ini. Dulu untuk data anak kami sangat kesulitan karena setiap ingin mengurus yang bersangkutan harus ke Tembilahan, dan sekarang cukup di sekolah sudah bisa kita upayakan. Disdukcapil luar biasalah," tambahnya. 

 

 

Syarifah Henni utarakan motivasinya dalam kerjasama ini adalah untuk mempermudah siswa dan siswi dalam kepengurusan kelengkapan administrasi serta ingin mencontohkan khususnya sekolah-sekolah jika pihaknya sudah bisa berinovasi mendapatkan dokumen penting yang sangat dibutuhkan di sekolah. 

 

"Jadi kita harus tergerak, bergerak dan menggerakan, salah satunya kerja sama yang luar biasa dengan Disdukpencapil. Motivasi kita semoga siswa siswi terbantu dan sekolah-sekolah lain bisa mengikuti kerjasama ini untuk kemudahan masyarakat dan wali murid," tukasnya. 

 

 

Selain pembuatan KIA, SDN 05 juga mewacanakan akan mencoba membantu siswa dan siswi untuk kepengurusan Akta Kelahiran. 

 

"Ke depannya kami juga ingin membantu memfasilitasi murid kami dalam pembuatan AKTA bagi yang belum punya," imbuhnya. 

 

Sementara itu, Kepala Disdukpencapil Inhil, Mizwar Efendi melalui Sekretaris Disdukpencapil Inhil, Nursal Sulaiman saat dikonfirmasi menyebutkan inisatif dari kepsek SDN 005 desa Kotabaru Seberida ini dapat mempercepat pencapaian target pembuatan KIA dan pihaknya sangat mendukung. 

 

Nursal juga berharap semoga sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Indragiri Hilir bisa melakukan hal yang sama dan pihaknya selalu terbuka untuk kerjasama seperti ini. 

 

"Kita dari capil mendukung penuh inisiatif Ibu Kepsek ini, kerjasama seperti ini akan dapat mempercepat pencapaian target pembuatan KIA bagi anak di Inhil, apalagi kalau sekolah-sekolah lainnya juga melakukan hal yang sama," ujar Mantan Camat Mandah ini menanggapi.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar